Tips Memberi Makan Koi

Tips Memberi Makan Koi

 


Koi adalah hewan omnivora yang dapat memakan hampir apa saja. Tidak hanya sebagai penghias, hobi memelihara koi juga membantu menjaga keseimbangan ekosistem sebab dalam kolam mereka dapat bertahan hidup dengan memakan lumut tertentu, insekta, dan larva nyamuk. Namun memberi makan koi kadang memberi ketenangan tersendiri. Selain itu, memperhatikan pola makan koi yang seimbang menghasilkan koi yang sehat dengan tubuh ideal dan warna cemerlang.

Koi dapat diberi bervariasi jenis makanan baik pakan alami maupun buatan. Apapapun yang Anda berikan, pastikan sesuai kebutuhan dan mengandung gizi yang seimbang. Pemelihara koi sering memberi suplemen dari sayur, udang kecil, cacing, roti, bahkan buah citrus atau semangka sekalipun.  Ada banyak juga makanan jadi dalam bentuk pelet yang tersedia di toko hewan peliharan. Pakan pelet harus tersimpan dalam tempat tertutup agar terjaga kualitasnya, dan digunakan dalam waktu maksimal 3 bulan untuk menghindari oksidasi.

Ada pakan khusus yang bisa diberikan untuk meningkatkan kualitas tertentu. Pertumbuhan gemuk dan memanjang, misalnya, dapat dipicu oleh pemberian wheat germ yang berprotein tinggi. Sedangkan makanan untuk mempertegas warna koi adalah yang memiliki kandungan zat karoten tinggi, yaitu sayuran (wortel, tomat, kubis, ganggang) ataupun sumber hewani seperti kepiting dan cacing. Hati-hati dalam memberi nasi dan roti, sebab kadar karbohidratnya bisa jadi penyebab kegemukan.

Frekuensi dan Jumlah Pemberian Makan pada Koi

Penting untuk diingat saat memberi makan koi, hanya berikan makanan yang akan habis dalam waktu 5 menit (jangan berlebihan!). Ikan koi tidak memiliki lambung, dan oleh karenanya tidak bisa memakan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Tetapi koi mempunyai kecendrungan makan secara berlebihan, yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Memberi makan berlebihan menyebabkan banyaknya kotoran koi yang dapat mencemari kolam akibat makanan yang tidak tercerna, serta lonjakan kadar Amonia dan Nitrit. Dua bahan kimia ini berbahaya bagi koi karena dengan cepat menimbulkan stres dan sakit. Untuk itu direkomendsikan untuk memberi makan dalam jumlah kecil beberapa kali sehari.

Hindari merubah pakan dengan merek berbeda secara tiba-tiba. Bila perlu merubah makanannya, lakukan dengan bertahap, mencampur makanan lama dan baru sampai koi dapat beradaptasi dengan diet barunya.
Copyright © IKAN HIAS | IKAN ANEH | IKAN PURBA. All rights reserved. Template by Amanbet