Inilah Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara dan Paling Populer Di Indonesia

Inilah Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara dan Paling Populer Di Indonesia

Percaya atau tidak, hampir 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia berasal dari negara kita ini. Sekitar ada 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah diekspor ke berbagai negara. Ikan ini adalah jenis ikan hias yang habitatnya berada di air tawar.

Sedangkan untuk pemeliharaan atau pembudidayaannya, ikan hias air tawar ini biasanya dimasukan ke dalam akuarium atau kolam. Tergantung tujuan pemeliharaan ikan hias tersebut oleh si pemiliknya.
Ikan hias yang dipelihara untuk kesenangan atau memperindah ruangan biasanya di tempatkan dalam akuarium.
Sedangkan jika ikan ini ingin dipelihara atau dijadikan sebagai tujuan untuk memperoleh keuntungan dari hasil budidaya ikan hias air tawar ini biasanya ditempatkan di kolam.
Ikan hias air tawar adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara dan dibudidayakan oleh pecinta hewan. Ikan hias menjadi sangat menarik karena ikan ini pada umumnya mempunyai warna sisik yang sangat cantik.

Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara


 


Ada sangat banyak jenis ikan hias air tawar. Ada ikan hias yang diletakkan di dalam akuarium dan ada juga ikan hias yang lebih terlihat bagus bila diletakkan di dalam kolam.
Ada ikan hias yang harus dipisahkan dari yang lainnya (satu akuarium satu ikan) dan ada juga ikan hias yang bisa dikumpulkan dalam satu akuarium atau kolam.
Mari kita lihat 8 jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan paling populer di Indonesia sebagai berikut:

1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Cupang


 


Nama ikan hias air tawar ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kita sering menjumpai ikan hias ini di pasar-pasar tradisional.
Banyak para pencinta ikan hias, khususnya yang masih muda memelihara ikan ini. Jenis ikan cupang  mempunyai daya tarik dan keunikan tersendiri karena ikan hias ini biasanya digunakan untuk aduan sesama ikan cupang.
Jadi, bila kamu mempunyai ikan cupang lebih dari satu, jangan sekali-kali ikan tersebut di letakkan dalam satu tempat.
Letakkanlah ikan-ikan cupang di tempatnya sendiri-sendiri. Kamu bisa memakai toples sebagai medianya. Ikan cupang juga mempunyai banyak sekali jenis dan variasi warna yang membuat ikan hias air tawar ini terlihat sangat indah.
Variasai warnanya bisa kuning, coklat, merah, hijau, biru, coklat, abu-abu dan putih. Bentuk badan ikan hias ini agak kecil. Siripnya yang panjang menjuntai sampai terlihat seluruh tubuhnya ditutupi oleh sirip cantik berwana-warni tersebut.
Dan bila ingin membedakan antara jantan dan betina, dapat kita lihat pada bagian tubuh ikan cupang betina rata-rata lebih kecil dari pada ikan cupang jantan.

2. Jenis Ikan Hias Air Tawar Guppy



 


Jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan paling populer di Indonesia yang kedua adalah ikan guppy. Ikan hias yang mirip seorang wanita sedang memakai rok ini berasal dari daerah Amerika Selatan.
Ikan hias air tawar ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, ikan hias ini sangat cepat peredarannya di dunia. Ikan guppy masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias akuarium.
Kita sangat mudah untuk mendapatkan jenis ikan hias ini, karena banyak orang yang membudidayakannya dan menjualnya.
Uniknya, dari kepala sampai ekornya, ikan hias air tawar ini terlihat sangat menarik karena mempunyai ukuran tubuh dari kepala sampai ekornya kurang lebih 2,5 cm.
Biasanya anak-anak kecil sangat senang sekali memelihara ikan hias air tawar ini. Selain harganya yang murah, ikan hias ini juga mempunyai ukuran yang mungil. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan ikan peliharaan anak-anak kecil.
Ikan hias air tawar ini mempunyai jenis yang sama dengan ikan molly. Menjadi ikan yang paling banyak digemari sebagai ikan hias karena keindahan warna dan bentuk siripnya.
Apalagi jika ikan guppy yang berkelamin jantan, karena hanya jantan yang memiliki sirip indah. Sedangkan yang betina warnanya cenderung kusam, banyak ornag mengatakan  mirip ikan cupang.

3. Jenis Ikan Hias Air Tawar Arwana


 


Ikan arwana adalah jenis ikan hias air tawar yang mempunyai sisik unik sehingga akan memikat siapa saja yang melihatnya dan ikan hias ini yang paling populer sampai saat ini.
Sampai disebut ada ikan arwana yang memiliki jenis sendiri, yaitu ikan arwana super red. Ikan hias seperti ini banyak yang mengatakan akan tidak pernah menurun para peminatnya.
Selain itu, ada mitos yang beredar di masyarakat sampai sekarang yaitu bila memelihara ikan arwana pemiliknya akan diberikan kelancaran rezeki.
Ikan hias air tawar ini mempunyai nama latin Scleropages sp. Banyak sebutan unik untuk nama ikan arwana ini, diantaranya ikan arwana super red, ikan payang, naga, khayangan, silok, kalasa, siluk dan kalasa.
Ikan hias ini termasuk dalam golongan ikan purba karena telurnya hampir mirip dan besarnya seukuran telur burung puyuh. Selain itu, termasuk ikan yang mempunyai ukuran tubuh besar bisa mencapai 1 meter kurang.
Ikan arwana banyak dijumpai di perairan air tawar kalimantan dan papua. Namun, sekarang sudah banyak sekali orang yang membudidayakan ikan hias air tawar ini. Karena ikan hias ini banyak sekali peminatnya dan memiliki harga yang lumayan tinggi.

4. Jenis Ikan Hias Air Tawar Louhan



Ikan louhan dulu sangat populer di Indonesia. Sangat banyak yang sebelumnya belum bernah memelihara ikan hias, akhirnya mencoba untuk memelihara ikan dan ikan yang dipelihara adalah ikan louhan.

Banyak orang secara tiba-tiba menjadi pencinta ikan hias. Hal tersebut karena sangat terkenalnya ikan louhan pada saat itu.
Hal yang membuat ikan hias air tawar ini terkenal yaitu warnanya yang cantik. Selain itu, terkadang kombinasi warna sisik ikan louhan bisa membentuk seperti sebuah tulisan.
Dan benjolan yang ada dikepalanya membuat daya tarik tersendiri bagi ikan louhan ini. Semakin besar benjolannya, makan semakin mahal harga ikan louhan ini.
Jenis ikan louhan seperti penguasa lautan dan sedikit agresif, serta termasuk dalam tipe ikan hias hias karnivora.

5. Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki



Selanjutnya jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan paling populer di Indonesia yaitu ikan mas koki. Ikan hias ini termasuk dalam keluarga ikan mas. Ikan ini pertama kali dikenal di negara Cina sebagai ikan hias masyarakat Cina.
Tetapi, ikan ini dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Masyarakat Jepang mengembangkan ikan mas koki menjadi banyak variasi warna dan bentuk yang jauh lebih cantik dari sebelumnya.
Gerakan ikan mas koki yang lucu ini akibat bentuk badannya yang penuh, namun tetap seimbang. Hal tersebut membuat jenis ikan hias ini menjadi buruan yang paling banyak digemari oleh pecinta ikan hias.

6. Jenis Ikan Hias Air Tawar Discus



Discus itu bukannya alamat website online ya? Yah entahlah, yang jelas ikan hias air tawar yang bernama discus ini sangat cantik dengan bentuk tubuhnya yang menyerupai pipi manusia.
Ciri khas yang menjadi aksen ini justru membuat ikan hias ini menjadi high class, karena ternyata ikan discus ini termasuk dalam jenis ikan hias yang tergolong mahal disesuaikan dengan warna serta ukurannya.

7. Jenis Ikan Hias Air Tawar Koi

 

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang paling populer dari masa ke masa. Ikan hias air tawar ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1820-an di Jepang.
Ikan hias ini termasuk hasil dari persilangan beberapa strain ikan mas denga warna merah dan putih. Ikan hasil persilangan tersebut dikenal dengan nama ikan koi.
Persilangan ikan terus dilakukan dan saat ini sering kita jumpai ikan koi dengan berbagai variasi warna yang sangat menarik.
Pada saat muda ekornya tidak terlalu lebar dan pas setelah dewasa ekornya akan semakin melebar. Jenis Ikan hias air tawar ini sangat cocok dipelihara di kolam yang cukup luas.
Karena daya tarik dari ikan koi ini adalah warna-warni ikan yang sangat cantik dan terlihat indah bila dilihat dari atas kolam. Selain itu, ikan hias ini juga membutuhkan banyak ruang untuk bergerak.
Kerennya bila kamu ingin bermain dengan ikan koi tersebut, maka berilah pakan tepat pada saat ikan tersebut lapar. Dalam hitungan detik ikan-ikan koi akan berbondong-bondong menyerbu pakan ikan tersebut.

8. Jenis Ikan Hias Air Tawar “Oscar”

 
 

Dan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan paling populer di Indonesia yaitu ikan oscar. Ikan hias ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak disukai para pencinta ikan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Jika diperhatikan, ikan oscar sangat mirip dengan ikan yang biasa kita konsumsi yaitu ikan gurame atau nila. Bentuknya yang lebar serta siripnya yang menjadikan ikan hias ini sangat mirip dengan ikan gurame.
Tetapi, ada hal yang membedakan dari kedua ikan ini, yaitu warna yang dimiliki ikan oscar lebih bervariasi dan kombinasi warna-warnanya jauh terlihat lebih indah dari pada ikan gurame.
Selain itu, kombinasi warna sisik ikan oscar ini terlihat seperti batik yang menghiasi tubuhnya. Juga ada ikan oscar albino atau putih pucat dengan garis totol-totol orange, ataupun berwarna putih polos.

Perkembangan Pasar Ikan Hias Air Tawar

 

Secara global perdagangan ikan hias sangat menjanjikan. Komoditas ikan hias air tawar mempunyai jumlah lebih besar daripada dengan ikan hias yang berasal dari laut. Pangsa pasar ikan hias air tawar mencapai 85%.
Hal tersebut disebabkan ikan hias air tawar lebih banyak dibudidayakan, sehingga perkembangannya lebih cepat daripada dengan ikan hias air laut yang berasal dari tangkapan nelayan.
Selain itu, permintaan ikan hias air tawar dari hari kehari juga semakin meningkat, walaupun harganya relatif lebih murah namun mempunyai faktor kali yang besar.
Pada dasawarsa kebelakang negara Indonesia hanya mengekspor hasil budidaya ikan hias ke Singapura.
Namun sekarang ikan hias dari Indonesia telah diekspor ke lebih dari 60 negara dengan nilai transaksi mencapai 50 juta dolar AS dan terus mengalami peningkatan sekitar 9% pada setiap tahunnya.
Sekarang ini Indonesia menjadi salah satu dari 5 besar negara eksportir ikan hias terbesar di dunia. Dari sisi keragamannya ada sekitar 300 jenis ikan hias air tawar maupun di laut.
Peluang bisnis pada bidang ikan hias ini sangat menggiurkan kan? Bagaimana apakah Anda tertarik untuk menjadi salah satu pebisnis ikan hias? Tentu budidaya ikan hiasa air tawar merupakan bisnis yang sangat prospek untuk dikerjakan.
Jika Anda pelaku atau juga ingin peluang bisnis pakan ternak atau pakan ikan khususnya yang juga sangat potensial di Indonesia ini. Untuk pemasok bahan-bahan pembuat pakan ternaknya silahkan klik di Pabrik tepung ikan.


 

 



 




 



 



 




 




 



 


Copyright © IKAN HIAS | IKAN ANEH | IKAN PURBA. All rights reserved. Template by Amanbet