Ikan Aneh Ini Memiliki Darah Transparan

Ikan Aneh Ini Memiliki Darah Transparan


Spesies ikan aneh hidup 1.000 meter di bawah permukaan air, ikan ini telah berkembang dalam habitat ekstrim dengan cara yang sangat aneh.

Jauh di Samudra Selatan, tepatnya di lepas pantai Antartika, di sana ada kehidupan ikan keluarga Channichthyidae. Ikan ini sangat jarang ditemukan, dan salah satu dari spesiesnya adalah Ocellated ice fish Ocellated (ikan es Ocellated) telah berhasil dikembangbiakkan di penangkaran untuk pertama kalinya.

Ikan aneh yang hidup di dekat kutub ini dapat bertahan hidup di salah satu lingkungan yang terdingin dan terdalam di planet bumi. Ikan es Ocellated memiliki darah transparan atau terlihat jelas dari luar, hal ini tentunya tidak dimiliki oleh spesies ikan lainnya.



Warna merah pada darah pada umumnya terbentuk dari hemoglobin. Hemogoblin adalah protein yang mengangkut oksigen melalui aliran darah kepada organ-organ yang membutuhkannya.

Akan tetapi ikan es Ocellated tidak memiliki hemoglobin apapun pada tubuhnya. Sistem peredaran darah yang dimiliki ikan aneh ini sepenuhnya dilarutkan dalam plasma (cairan unsur utama dari darah).

Pada saat-suhu dingin, oksigen larut ke dalam plasma lebih mudah, dan otot-otot sistem peredaran darah ikan dapat menyerap oksigen langsung dari plasma.



Para peneliti menjelaskan bahwa ikan bisa hidup tanpa hemoglobin karena memiliki hati yang luar biasa besar yang digunakan plasma darah untuk mengeredarkan oksigen ke seluruh tubuh ikan

Fakta ini menggambarkan bahwa ikan es Ocellated memiliki sistem peredaran darah yang sangat kuat, jauh lebih besar dan lebih kuat daripada spesies ikan lainnya. Bahkan, ikan aneh ini memiliki kemampuan memompa darah lima kali lipat daripada rata-rata ikan pada umumnya.



Ikan aneh ini tidak memiliki haemaglobin, dan membuat warna darahnya merah merupakan agen yang membawa oksigen ke seluruh tubuh

Nelayan membawa sepasang ikan es Ocellated ke Taman Kehidupan Laut Tokyo di Jepang. Dan sepasang ikan aneh ini mempunyai keturunan beberapa bulan yang lalu, hal ini adalah pertama di dunia untuk jenis spesies ini.
Copyright © IKAN HIAS | IKAN ANEH | IKAN PURBA. All rights reserved. Template by Amanbet